Tentang Kami

Keruntuhan regim pemerintahan orde baru oleh desakan people power di tahun 1998 yang sebelumnya telah berkuasa selama tiga dekade, telah menimbulkan kejutan politik  dan euforia kebebasan yang meluap-luap di kalangan anak-anak bangsa. Suasana itu pada gilirannya menimbulkan  guncangan serius atas sendir-sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, keterpurukan ekonomi nasional, menurunnya kualitas hidup secara masif, rusaknya tertib sosial dan nilai–nilai moralitas dan bahkan juga hilangnya harapan tentang masa depan.

Maka dalam situasi seperti itu,  pada 9  Desember 1999 di Kota Mataram NTB,  didirikanlah  Nusatenggara Centre (NC) untuk mewadahi langkah-langkah ikhtiar secara ilmiah dan sistemik yang bisa dilakukan pada waktu itu guna turut berkontrobusi dalam merespons dan menangani masalah yang ada.

Diilhami dan terus dimotivasi oleh spirit religiusitas, rasa kemanusiaan dan kesadaran akan tantangan masa depan yang terus meningkat, maka sejak didirikan lebih dari dua dekade yang lalu hingga kini NC bersama para mitranya tak henti-hentinya terus berusaha memberikan kontribusi yang bermakna dalam melakukan aktivitas yang mencerahkan, menginspirasi dan memberdayakan masyarakat. 

Visi & Misi

Nusatenggara Centre (NC) yang didirikan pada tanggal 9 Desember 1999 di Mataram Indonesia adalah organisasi nirlaba yang bercita-cita dan bekerja demi terwujudnya masyarakat masa depan yang lebih maju dan bermartabat, yang di dalamnya tercakup perlindungan terhadap Hak-hak Asasi Manusia, demokrasi, kesetaraan, keadilan, tertib hukum, serta kesejahteraan baik lahiriah maupun batiniah.

NC bekerja sama dengan dan bagi kepentingan semua kelompok masyarakat, tanpa membedakan latar belakang ras, etnik, keyakinan agama, gender, profesi, maupun aspirasi politik. 

Aktivitas NC diarahkan terutama pada bidang-bidang riset dan pengembangan sosial, serta dokumentasi dan publikasi untuk turut serta membantu masyarakat luas membekali diri mereka menyongsong hari depan yang kian penuh tantangan.

Bidang Kegiatan

Dalam usaha mencapai tujuan-tujuannya melaksanakan berbagai bentuk kegiatan keilmuan dan kemasyarakatan yang meliputi:

  • Kajian dan Riset Sosial dengan melaksanakan penelitian, seminar, FGD terbatas para ahli, dan diskusi publik mengenai berbagai masalah sosial yang dihadapi oleh masyarakat baik di masa sekarang maupun dimasa depan.
  • Pemberdayaan dan pengembangan sosial dengan melaksanakan kegiatan pelatihan/training, workshop, advokasi dan affirmasi ke lembaga publik, revitalisasi lembaga pendidikan dan institusi sosial lainnya serta pengembangan life skill dan pemberdayaan ekonomi masyarakat marjinal.  
  • Dokumentasi dan Publikasi dengan melakukan dokumentasi dan diseminasi hasil penelitian serta kampanye public mengenai pesan-pesan strategis melalui penerbitan buku, artikel, podcast, tabloid, bulletin, dan booklet. 

Identitas Lembaga.

Nama Lembaga : Nusatenggara Centre (NC 1999) (for social research and developmen)

Akta Notaris                    : Irnova Yahya, SH

S.K. Menteri Kehakiman RI

No. C-204.HT.03.01-TH1995. TGL. 30 November 1995

Dengan Akte Perubahan

Maruli Girsang, SH., MH., M.Kn.

S.K. MENKUMHAM RI

No. AHU-00325.AH.02.01.Tahun 2018

Tanggal, 23 Nopember 2018

Direktur Eksekutif         : lalu Suprawan

Alamat                            : Jl. Pariwisata No. 11 Mataram, Kelurahan Pejanggik, Kecamatan Mataram, Kota Mataram, Provinsi NTB. Tlp/HP. (0817261240 | Suprawan)

Research Associate:

  1. Suprapto, Prof.  Dr.  M.Ag. (Sociology)
  2. Miftahul Huda, Prof. Dr. M.Ag. (Sociology of Law),
  3. Mohammad Abdun Nasir, Prof. Ph.D.  MA. (Islamic Studies) 
  4. Lukman Hakim, Dr.  M.Pd.( Education Management),
  5. Siti Nurul Lailatul Husniyah, Dr.  M.Pd. (Education Technology)
  6. Ahmad Amir Aziz, Dr. M.Ag. (Economy),
  7. Kadri, Dr. M.Si. (Public & Political Communication)
  8. Atun Wardatun, Ph. D,  MA, M.Ag. (Islamic Studies)
  9. Edy  Heriyanto, Dr. M.Ed.( Education Technology),
  10. Mohammad Asyiq Amrullah, Dr. M.Ag. (Islamic Law),
  11. Awaludin, M.Si, S.HI, (Sociology)
  12. Baiq Ratna Mulhimah, Dr. SH  (Science of Law)
  13. Mawardi, M.Hum, SHI. (Profesional Advocate) 
  14. Lalu Suprawan, M.Si. (Economy)
  15. Saparwadi,  M.Si. (Science and Mathematics)
  16. Awin Azhari, S. Sos ( Public Communication)
Juli 2024
S S R K J S M
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Pada 9  Desember 1999 di Kota Mataram NTB,  didirikanlah  Nusatenggara Centre (NC) untuk mewadahi langkah-langkah ikhtiar secara ilmiah dan sistemik yang bisa dilakukan pada waktu itu guna turut berkontrobusi dalam merespons dan menangani masalah yang ada.

Diilhami dan terus dimotivasi oleh spirit religiusitas, rasa kemanusiaan dan kesadaran akan tantangan masa depan yang terus meningkat, maka sejak didirikan lebih dari dua dekade yang lalu hingga kini NC bersama para mitranya tak henti-hentinya terus berusaha memberikan kontribusi yang bermakna dalam melakukan aktivitas yang mencerahkan, menginspirasi dan memberdayakan masyarakat. 

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Follow by Email
YouTube
YouTube
Instagram
WhatsApp