Beranda Tentang Kami

Tentang Kami

SEKILAS NUSATENGGARA CENTRE

Nusatenggara Centre (NC) for social research and developement adalah organisasi nirlaba yang didirikan pada 1 Ramadhan 1419 H bertepatan dengan 9 Desember 1999 di Mataram Indonesia. Fokus kegiatannya terutama pada riset, pengembangan pendidikan dan pengembangan sosial kemasyarakatan. NC bercita-cita dan bekerja demi terwujudnya masyarakat masa depan yang lebih terdidik, maju dan beradab, yang di dalamnya tercakup pula perlindungan terhadap HAM, tertib hukum, harmoni sosial, demokrasi, kesetaraan, keadilan serta kesejahteraan sosial baik lahiriah maupun batiniah. Dalam Usaha mencapai tujuan-tujuan tersebut, NC melaksanakan berbagai bentuk kegiatan yang terkonsentrasi dalam tiga bidang, yaitu : 1) Bidang Kajian dan Advokasi, 2) Bidang Pemberdayaan sosial dan 3) Bidang Dokumetasi dan Publikasi.

Dalam bidang penanggulangan kekerasan ekstrimisme (CVE) bagi masyarakat sipil adalah satu satu kajian dan advokasi yang dilakukan oleh Nusatenggara Centre sejak tahun 2010 – 2016. Kegiatan yang pernah dilakukan adalan kegiatan-kegiatan dialog, diskusi publik, seminar, workshop, riset, talkshow, kemah kebangsaan dan lintas agama, pembentukan forum-forum santri dan pelajar, pemberdayaan ekonomi pesantren, serta penyebarluasan dan penangkalan isu-isu radikalisme melalui berbagai media, khususnya media massa dan buletin Jum’at.

Dalam kurun waktu 6 tahun, Nusa Tenggara Centre telah bekerjasama dengan tokoh-tokoh agama, instansi terkait, NGO, Ormas, Pesantren maupun sekolah-sekolah di NTB. Sedangkan Target masyarakat sipil yang telah menerima manfaat dan atau turut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan penanggulangan kekerasan dan ekstrimisme hampir sekitar 3500 orang yang terdiri dari berbagai unsur dan element masyarakat.

Hasil program-program yang telah dilaksanakan adalah tercipanya suasana kondusif dan adanya kesadaran dan pemahaman bersama akan bahaya radikalisme dan melawan radikalisme-terorisme, khususnya di Lombok. Namun, salah satu problem besar yang dihadapi selama pelaksanaan kegiatan-kegiatan penanggulangan kekerasan dan ekstrimisme di NTB, terhadap kelompok-kelompok yang terindikasi sebagai kelompok radikal dan kelompok keagamaan garis keras, seperti MMI, HTI, Khilafatul Muslimin, Nahi Mungkar, Jama’ah ansoruttauhid (JAT), Jama’ah Anshorussunnah (JAS), Salafi dan lain sebagainya adalah kelompok-kelompok yang sulit dirubah secara ideologis.

Namun, kelompok-kelompok tersebut sangat kooperatif dan Terbuka untuk bekerjasama dengan Nusatenggara Centre. Inilah salah satu peluang yang terus diperankan oleh Nusatenggara Centre untuk berdialog dan diskusi serta melakukan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada penanggulangan kekerasan dan ekstrimisme. Kelompok-kelompok tersebut diatas, banyak tersebar di beberapa wilayah di Lombok, namun tumbuh dan berkembang khususnya untuk wilayah Kabupaten Sumbawa Barat, Sumbawa Besar, Dompu, Kab. Bima dan Kota Bima, Sementara wilayah-wilayah tersebut masih belum tersentuh banyak dengan program-program Nusatenggara Centre sehingga dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak untuk melanjutkan program-program tersebut sebagai ikhtiar membersihkan NTB dari prilaku-prilaku kekarasan dan ekstrimisme dalam berbagai bentuk dan Coraknya. Ini adalah salah satu komitmen besar Nusatenggara Centre (NC) 99 Mataram.