BERBAGI

Pembangunan bidang komunitas agama dan pemuda di nusa tenggara barat merupakan bagian integral dari pembangunan nasional. Dalam decade terakhir ini telah berdiri forum-forum kerukunan, dan semakin berkembanganya kerjasama lintas agama tidaklah mengenal kata final. Masih ditemukan persoalan atau konfllik-konflik yang bernunasa agama, meski dalam skala kecil. Hal ini merupakan tantangan bagi kita semua sebagai bangsa plural dan multikultur yang acapkali dihadpkan pada pasang surutnya ikatan primordial.

Kemajemukan yang dimiliki Nusa Tenggara Barat disatu sisi merupakan pendorong lahirnya saling pengertian dan kerjasama dalam bermasyarakat dan bernegara, tetapi disisi lain rawan konflik, untuk itu penumbuh-kembangan dalam penguatan kedamaian perlu kajian dari berbagai aspek kehidupan.

Nusatenggara Centre (NC) Mataram merupakan salah satu elemen civil society yang merasa terpanggil untuk ikut berperan aktif dalam menangkal kekerasan, radikalisme dan ekstremisme. Bagi masyarakat merupakan salah satu focus kajian dan advokasi yang dilakukan oleh nisa tenggara centre terutama sejak satu dasawarsa terakhir. Berbagai kegiatan yang pernah dilakukan oleh NC antara lain : dialog diskusi public, seminar, workshop, Riset, talkshow, kemah kebangsaan pemuda lintas agama, pembentukan forum-forum santri dan pelajar, pemberdayaan ekonomi pesantren serta kampanye public untuk penanggulangan radikalisme dan terorisme.

Pada kesempatan ini Nusatenggara Centre bersama Alumni training bina damai Lombok melakukan konsolidasi untuk menangkal radikalisme dan ekstremisme salah satunya melalui kegiatan ‘’Diskusi Komunitas’’, Diskusi komunitas ini nantinya akan di lakukan Pada pertengahan Nomvember 2017 serentak di dua tempat berbeda yakni Lombok tengah dan Lombok timur.

Melalui kegiatan diskusi komunitas ini, diharapkan berbagai pihak dapat memperoleh pelajaran (lesson learned) dan mengetahui model-model kegiatan resolusi konflik dengan menggunakan Partisipatory Action Research (PAR).

#Salam_RECIDA…….

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here