BERBAGI

Remaja adalah generasi penerus bangsa di masa depan, maka menjaga mereka adalah suatu kewajiban bagi generasi saat ini. Oleh karena itu, Recida, sebuah komunitas remaja cinta damai di Bima melakukan sosialisasi cinta damai kepada anak-anak muda siswa-siswi yang berlokasi di SMKN 3 kota Bima beberapa waktu  lalu tepatnya tanggal 9 maret, ratusan pelajar menjadi peserta aktif dalam acara yang digelar di aula SMKN 3 kota Bima ini, antusias para pelajar nampak luar biasa dan berharap adanya kegiatan yang sama minimal sekali sebulan dengan tema-tema inspiratif. Kegiatan ini didampingi langsung oleh kepala sekolah SMKN 3 kota bima.

Acara ini bertemakan mengambil kisah inspiratif saling menguatkan untuk saling melengkapi agar dapat sukses bersama-bersama dengan tema “Penguatan Paradigma Kehidupan Damai Berkebangsaan”. Kegiatan sosialisasi ini juga dilakukan di SMKN 2 kota bima keesokan harinya yakni tanggal 10 maret 2018, dengan tema yang sama.

pihak kepala sekolah menyarankan agar kegiatan ini dapat dijalankan dengan rutin minimal sebulan sekali. Kegiatan ini sangat penting untuk di lakukan ditengah kegamangan remaja Kota dan Kabupaten Bima. Terutama dalam melihat peluang masa depan akibat begitu cepatnya paradigma kehidupan dunia berubah melalui inovasi-inovasi yang semakin canggih.

“Akhirnya, yang tak mampu menghadapi perubahan jaman ke depan, akan memilih hidup dipinggir kota atau kaki gunung dan atau memilih untuk masuk penjara akibat tuntutan hidup yang tak pernah habis, atau depresi yang mendorong untuk melukai diri dan atau mengakhiri hidup,” terang Ketua Komunitas Babuju ini.

Rangga menambahkan, gerakan berbuat baik dalam bingkai damai harus terus digelorakan. Begitu pula toleransi antar umat beragama, sikap saling menghargai dan saling menghormati harus terus dipupuk. “Remaja Cinta Damai (Recida) Kota Bima bergerak cepat untuk terjun ke para remaja lainnya melalui lembaga-lembaga pendidikan. Hal ini dilakukan saat peristiwa-peristiwa miris terjadi di sekitar kita dalam beberapa hari terakhir,” ujarnya.

Recida atau remaja bina damai adalah komunitas yang terbentuk dari training penguatan jaringan remaja cinta damai yang dilakukan oleh Nusatenggara Centre (NC) bekerjasama dengan Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) UIN jakarta. Recida ini terdapat di dua zona yakni zona Lombok timur lombok tengah dan zona bima dompu. Zona lombok terbentuk pada agustus 2017 lalu, dan zona bima dompu pada oktober tahun lalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here