BERBAGI

Tegaskan Makna Pendidikan, Toleransi, Multikulturalisme untuk Pemberdayaan

Dalam rangkaian Hari Ulang Tahun ke 20, Nusatenggara Center (NC) gelar seminar pendidikan multikulturalisme, juga apresiasi pegelaran seni Mahasiswa yang menhadirkan keberagaman suku di NTB, yakni suku Sasak, Samawa, dan Mbojo (Sasambo). Peringatan milad yang berlangsung Sabtu 12 Desember 2019 di auditorium Taman Budaya ini dihadiri oleh perwakilan pemerintah daerah, LSM, Ormas, OKP, akademisi, dan Mahasiswa.

Tim NC diakhir saat foto bersama diakhir acara. Foto: Awin

Direktur NC Prof. Suprapto dalam sambutannya mengatakan sejak didirikan tahun 1999 hingga kini NC telah banyak melakukan aktifitas-aktifitas yang berkaitan dengan pemberdayaan sosial, isu lingkungan, pendidikan, deradikalisasi, dll. “Kita terus mengajak semua golongan lintas generasi, budaya, etnik, dan agama untuk membangun NTB lebih baik lagi,” terangnya.

Didi Sumardi, Ketua DPRD Kota Mataram yang turut hadir dan membuka acara mengakui NC telah berhasil membangun kohesifitas dengan banyak elemen di NTB. Kota Mataram khususnya sangat terbantu dengan adanya NC. “Dua puluh tahun dirasa belum cukup, dan NC harus terus eksis lebih lama lagi,” kata Didi menutup sambutannya.

Agenda hari itu dirangkaikan dengan Talk Show dengan tema “Pendidikan; Mencerahkan dan Memberdayakan”. Menjadi narasumber pagi itu adalah Prof. Jamhari (Direktur Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), Tgh. Hasanain Juaini (Pimpinan Ponpes Nurul Haramain Narmada Lombok Barat), dan Fathul Rahman (Komunitas Pegiat Literasi). 

Prof. Jamhari (kiri), Tgh. Hasanain (tengah), Fathul Rahman (kanan) saat menjadi narasmuber pada seminar pendidikan oleh NC

Turut menjadi bagian acara, penampilan paduan suara oleh Mahasiswa UIN Mataram binaan NC. Paduan suara dibagi kedalam empat kelompok. Keempat kelompok ini menyanyikan lagu daerah dari suku yang terdapat di NTB, sebagai sebuah pertanda pendidikan toleransi dan multikulturalisme harus selalu dipupuk.

Salah satu kelompok paduan suara Mahasiswa binaan NC

Pada akhirnya dua dekade pengabdian NC tidak berakhir disini. Pengabdian dan tantangan kedepan menanti aksi nyata dari semua kalangan, demi tercapai kemajuan. Nusatenggara Centre berperan sebagai penggerak menuju kemajuan ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here